5 Jenis Mainan Anak Perempuan yang Kembangkan Kreativitas

5 Jenis Mainan Anak Perempuan yang Kembangkan Kreativitas

Ada berbagai macam atau jenis mainan anak perempuan. Namun, hanya ada beberapa saja yang bisa dikategorikan sebagai mainan yang bisa memberikan kreativitas. Apabila Anda ingin memilihkan mainan tersebut, Anda harus benar-benar memilih dan memilah. Oleh karena itu, simak informasi berikut ini agar Anda bisa memiliki gambaran mengenai mainan tersebut.

1. Masak-Masakan

Permainan ini sedari dulu sudah memiliki stereotip bahwasannya ini adalah mainan khusus untuk perempuan. Memang benar adanya memasak adalah pekerjaan yang umum dilabelkan kepada perempuan. Kegiatan masak sendiri merupakan sebuah karya kreatifitas. Oleh karena itu, anak perempuan yang belajar masak-masakan dari kecil daya kreatifitasnya bisa semakin terasah pada saat dewasa.

Selain itu kegiatan ini secara tidak langsung bisa melatih kemampuan motorik halus. Jika ingin memberikan mainan, maka Anda bisa memilihkan peralatan yang terbuat dari plastisin. Apabila anak merajuk meminta mainan berbahan lainnya, Anda bisa memberikannya namun harus selektif melihat kandungan bahannya.

2. Menggambar

Mainan berikutnya yang bisa mengembangkan kreativitas adalah menggambar. Secara tidak langsung kegiatan seperti ini dapat mengembangkan aspek psikomotoriknya. Terutama untuk melatih keterampilan tangan. Mulai dari memegang pensil warna atau krayon, menorehkannya pada kertas, hingga caranya menggoreskan garis.

Apabila Anda ingin mengenalkan kegiatan ini, mintalah anak untuk mewarnai gambar apapun. Jika sudah terbiasa, maka Anda bisa mengajarkan untuk menggambar bentuk apapun. Dengan begitu anak akan terbiasa mengembangkan daya kreatifitasnya.

3. Berdandan

Ciri khas lainnya dari mainan anak perempuan adalah berdandan. Baik itu memilih pakaian hingga pemilihan make up yang diambil dari milik ibunya. Tentu saja mainan jenis ini memberikan kesan baik untuk mengembangkan daya kreatifitasnya maupun daya imajinasinya sekaligus dapat mengasah ekspresi. Anda sebagai orangtuanya, harus mendukung apapun yang sedang anak lakukan. Bila perlu, temani dan beri arahan mengenai cara berdandan yang baik dan sopan.

4. Bermain Boneka

Pada saat anak perempuan bermain boneka, secara otomatis kemampuan kreativitasnya akan terasah. Hal ini dikarenakan pada saat bermain, biasanya boneka yang dimilikinya memainkan peran. Adapun peran yang dimainkan oleh boneka tersebut merupakan rekaan dari cerita yang dikembangkan oleh anak-anak sendiri. Oleh karena itu, secara tidak langsung anak-anak akan selalu memikirkan jalan cerita, tema cerita maupun karakter yang akan diperankan oleh sang boneka.

5. Dongeng

Jenis mainan yang satu ini bisa dibilang juga dapat menumbuhkan daya kreatifitas anak. Apalagi anak tersebut memiliki adik. Pada umumnya, anak perempuan yang memiliki adik, lebih peduli. Baik itu dari ikut membuat susu untuk adik, ikut menjaga saat orangtua sedang sibuk, maupun memberikan hiburan seperti mendongeng. Saat bercerita atau mendongeng ini, anak pasti akan memikirkan kisah yang bagus layaknya bermain boneka.

Itulah beberapa informasi mengenai jenis permainan yang bisa mengasah daya kreativitas anak. Apabila Anda membutuhkan mainan untuk mendukung aktivitas anak, Anda bisa memilihkannya pada toko perlengkapan bayi. Jangan lupa saat beli, sesuaikan dengan kebutuhan agar tidak terlalu mubazir.

shares